Wednesday, January 24, 2018

KLHK Rangkul Ulama, Menteri Siti Silahturahmi ke MUI

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, melanjutkan roadshow-nya bersilaturahmi ke kalangan Ulama untuk mendukung program kerja di KLHK.  

Setelah sebelumnya dengan PBNU dan PP Muhammadiyah, Rabu (10/1/2018), Menteri Siti bersilaturahmi dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia, KH Ma`ruf Amin dan pengurus lainnya. Dalam pertemuan merangkul kalangan ulama ini, Menteri Siti juga memboyong jajaran eselon I KLHK.

''Pertemuan ini sebagai tindak lanjut arahan Bapak Presiden Jokowi, tentang keadilan ekonomi yang relevan dengan agenda ekonomi umat MUI dan ormas-ormasnya,'' kata Menteri Siti.

Berbagai hal dibahas dalam pertemuan tersebut. Bahasan utama tentang program kerja di KLHK seperti Perhutanan Sosial dan Reforma Agraria, yang bertujuan untuk kesejahteraan rakyat.

Menteri Siti mengatakan, dukungan dan kerja sama dengan MUI sangat penting dilakukan, karena selama ini MUI juga memiliki perhatian yang sangat besar pada masalah Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

''MUI sudah mengeluarkan sekitar 6 fatwa terkait bidang kerja KLHK, seperti masalah Karhutla, Sampah, Perubahan Iklim, dll. Tadi juga dibahas mengenai dukungan untuk program lingkungan seperti Bank Sampah, dan juga pendidikan lingkungan,'' jelas Menteri Siti.

Hal penting lainnya berkenaan dengan implementasi fatwa, dikatakan Menteri Siti bahwa MUI memiliki pendekatan yang sangat relevan dengan kondisi umat saat ini. Fatwa yang dikeluarkan MUI ialah bentuk dakwah dengan lisan dan dakwah dengan aksi.

''Menurut saya ini pendekatan yang sangat bagus dan relevan dengan ciri subyek lingkungan yang erat terkait kampanye publik. Dalam waktu dekat akan ada peringatan Hari Sampah, dan saya kira ini dapat diaktualisasikan,'' tegas Menteri Siti.

Hal penting lainnya dari pertemuan ini, akan dilakukan peningkatan kerja sama antara KLHK dan MUI, dimana sebelumnya juga sudah dilakukan MUI dengan Menteri LH saat dijabat Bapak Gusti Hatta, dan Menteri Kehutanan saat dijabat Bapak Zulkifli Hasan.

''Saya berterimakasih sekali atas diskusi yang konstruktif dan positif bersama pengurus MUI. Semoga hasil silahraturahmi ini dapat mendorong kerja nyata yang lebih baik lagi untuk Indonesia kita tercinta,'' tutup Menteri Siti.(^)