Saturday, May 26, 2018

Menteri Siti: Tangani Sampah, KLHK tak Bisa Sendiri

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar tidak berhenti mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan peduli terhadap sampah.

Menteri Siti berharap semangat semua lapisan masyarakat tidak surut demi Indonesia bersih.

Hal tersebut disampaikan Menteri Siti berkenaan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada Rabu 21 Februari 2018.

"Terima kasih atas dinamika kegiatan kawan-kawan di lapangan sebagai aktualisasi peduli sampah yang dalam tiga tahun terakhir ini saya lihat maju pesat. Saya mohon semangat peduli sampah tidak surut," kata Menteri Siti.

Menteri Siti juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang memberi perhatian khusus soal sampah di wilayahnya.

Harapannya, pemda dan jajarannya berkinerja baik  dan memiliki green leadership

"Masalah sampah di Indonesia ini berat, saya dan jajaran KLHK tidak bisa kalau sendiri. Kita harus gerak bersama untuk jaga Indonesia bersih. Mari kita terus tingkatkan upaya menyayangi bumi dengan membersihkan dari sampah ," tegasnya.

Menteri Siti mengatakan, pemerintah juga sedang berupaya mengembangkan langkah-langkah bersama dalam bentuk aturan.

Langkah itu dilakukan dengan pedoman, kerja bersama mengakomodasi kepentingan dan gagasan masyarakat untuk kebaikan menjaga bumi.

"Sesuai mandat perundangan, urusan penanganan sampah secara langsung yang terdekat atau eksternalitas ada pada pemerintah kabupaten dan kota. Dengan demikian maka perlu kerja bersama-sama pada berbagai tingkat strata pemerintahan," imbuhnya.

Menteri Siti mengatakan, saat ini KLHK sedang menjalankan Gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah yang dimulai dari 21 Januari 2018.

Melalui Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional tercatat saat ini telah dilaksanakan kegiatan 367 kegiatan di 18 provinsi dengan melibatkan 1.031.007 peserta.

Kegiatan-kegiatan tersebut juga berhasil mengelola 118.942  kg sampah anorganik dan 189.659 sampah organik serta residu hanya sebesar 75.784 kg yang diangkut ke TPA.